Character Building : Agama

Kampanye Kebersihan Hari Ketiga

November4

Character Building : Agama – Kegiatan Ketiga

Hari / Tanggal : Kamis, 2 November 2017

Waktu : 15.00-17.00

Kegiatan         : Kampanye Hidup Suci Tentang Kebersihan Lingkungan

Tempat           : Taman Pendidikan Al Qur’an Addinul Islamy

Tidak terasa, pertemuan ketiga pun tiba. Anak-anak tampak sudah terbiasa dengan kami dan langsung menyeret kami kedalam kelas untuk duduk bersama mereka. Seperti biasa, ibu Zuzu memulai kelas dengan membaca ayat Al’Quran bersama. Kali ini ada pengajar pendamping yaitu Ibu Ella yang juga akan mendampingi pembelajaran pada hari ini. Materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini adalah bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan. Asya membacakan hadits yang berbunyi:

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Artinya: ” Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”. (HR. At- Turmudzi)

Kami mengajarkan bahwa kita sebagai umat beriman harus menjaga dan melestarikan lingkungan kita. banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melestarikan dan menjaga lingkungan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kami  juga mengajarkan kepada anak-anak bagaimana cara membedakan sampah kering dengan sampah basah. Kami melanjutkan dongeng pertemuan sebelumnya, kali ini anak nakal membuang sampah sembarangan dan dinasehati oleh teman-temannya. Pada kesempatan ini, kami memberikan materi yang diperlukan melalui nasehat yang diberikan. Setelah dongeng berakhir, kami mengajak anak-anak untuk melakukan permainan di luar kelas. Setelah diberikan kertas bertuliskan berbagai jenis sampah, anak-anak harus bertemu dengan tim kami yang berperan menjadi tempat sampah kering dan tempat sampah basah. Awalnya mereka cukup kesulitan untuk membedakan sampah hingga beberapa anak yang lebih tua memberikan contoh. Permainan berakhir setelah semua kertas telah terkumpul. setelah bermain permainan kami pun mengajak anak-anak untuk mencari sampah dilingkungan sekitar. anak-anak dengan antusias mencari dan membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan. tidak lupa setelah mengumpulkan dan membersihkan sampah kami mengajak anak-anak untuk mencuci tangan, Setelah kembali ke kelas, kami pun menyampaikan bahwa hari itu merupakan hari terakhir kunjungan kami, sontak anak-anak kecewa dengan pernyataan kami. Mereka bilang bahwa mereka senang dengan keberadaan kami disana, kelas menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan ditutup dengan membaca ayat Al Qur’an dan berfoto bersama ibu Zuzu serta ibu Ella.

 

 

 

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: