Character Building : Agama

Kampanye Kebersihan Hari Pertama

November1

Character Building : Agama – Kegiatan Pertama

Hari / Tanggal : Senin, 30 Oktober 2017

Waktu : 15.00-17.00

Kegiatan         : Kampanye Hidup Suci Tentang Kebersihan Sebagai Bagian Dari Iman

Tempat           : Taman Pendidikan Al Qur’an Addinul Islamy

Pada saat kunjungan pertama, tepatnya tanggal 30 Oktober 2017, anak anak yang berada di Taman Pendidikan tampak girang menyambut kehadiran kami. Bahkan sebelum kelas di mulai, ada beberapa anak yang memberanikan diri untuk bertanya tanya mengenai kami.Kelas pun dimulai saat pukul 15.10, Ibu Zuzu membuka kelas dengan memperkenalkan kami kepada anak-anak, yang dilanjutkan dengan   pembacaan doa dan pembacaan ayat Al Qur’an secara bersama sama. Kami mendampingi di samping anak-anak, tetapi beberapa dari kami cukup kewalahan karena yang beragama Islam hanya satu orang di tim kami. Setelah membaca ayat Al Qur’an, tim kami dipersilahkan untuk mengambil alih kelas. Kegiatan kami mulai dengan membacakan hadits dan menjelaskan mengapa kebersihan itu penting di mata Allah. Hadits yang dibacakan adalah:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222).

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ .وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ

Artinya: “Dan pakaianmu bersihkanlah. Dan perbuatan dosa tinggalkanlah.”(QS. Al-Muddasir :4-5)

اَلنَّظَافَةٌ مِنَ اﻻِيْمَانِ٠﴿ﺮﻮﺍﻩ ﺍحمد

Artinya: “Kebersihan itu sebagian dari iman”. (HR. Ahmad)

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Artinya: ” Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”. (HR. At- Turmudzi)

اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: بَيْنَمَارَجُلٌ يَمْشِى بِطَرِيْقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ فَأَخَذَهُ فَشَكَرَاللهُ لَهُ فَغَفَرَلَهُ

Artinya: “Bahwanya Rasulullah saw bersabda,” Ketika seorang laki-laki sedang berjalan di jalan, ia menemukan dahan berduri, maka ia mengambilnya (karena mengganggunya). Lalu Allah swt berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosanya”. (HR. Bukhari)

اَلاِسْلاَمُ نَظِيْفٌ فَتَنَظَّفُوْافَاِنَّهُ لاَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ اِلاَّ نَظِيْفٌ

Artinya: “Agama Islam adalah agama yang bersih dan suci. Karena itu kamu harus menjaga kebersihan. Maka sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali hanya orang-orang yang suci.”(HR. Al-Baihaqi)

وقد أمر النبي لنا ببناء المساجد في أماكن إقامتهم وتنظيفها والاحتفاظ بها نظرا العطر

Dari A’isyah RA berkata : Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kami untuk membangun masjid di tempat-tempat tinggal dan agar selalu dibersihkan serta diberi wangi-wangian. (HR Ahmad, Tirmidzi, lbn Majah dan Abu Dawud).
Anak-anak cukup takjub mendengarkan materi yang kami bawakan dengan cara berdongeng. Kami menceritakan ada seorang anak yang nakal karena tidak ingin menggosok gigi dan sebagainya yang kemudian dinasehati orang tuanya dengan hadits yang dibawakan sebelumnya.           Dongeng ini membuat kami semakin kenal dengan anak-anak. Sebelum akhir kegiatan, kami memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hadits dan penjelasan yang kami berikan dan anak yang dapat menjawab dengan baik kami beri hadiah berupa makanan ringan. Kegiatan ditutup dengan membaca ayat Al Qur’an dan pembacaan doa. Kegiatan selesai tepat pukul 16.50.

 

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: